Hujan Tiba Jaga Kesehatan Supaya Terhindar Dari Penyakit

Ulasan Apa Saja . Sore tadi langit terlihat gelap tertutup awan hitam disertai suara gemuruh sepertinya tak lama lagi akan turun hujan. Iya betul sekali dugaan saya (Ahli nujum amatiran haa.haaa) sore itu juga hujan turun tidak terlalu deras tapi bagi siapa pun keluar rumah pastinya akan basah.. iya jelas lah masa akan kebakar...ha ha.

Meskipun hujan turun tidak terlalu deras, bagi orang yang kebetulan berada di tengah jalan mengendarai sepeda motor supaya hati-hati karena jalan licin dan menghalangi pandangan. Hu hu hu.. okelah bos. Musim panas pasti diganti dengan musim hujan itulah kondisi alam tanah air Indonesia hanya mengenal dua musim, panas dan hujan.

Nah di tahun 2016 menurut catatan dari BMKG nampaknya daratan Indonesia akan cepat turunnya hujan. Terbukti di beberapa daerah sejak bulan agustus intensitas hujan mulai tinggi sehingga kabar terjadinya longsor dan banjir banyak menghiasi pemberitaan media masa dan elektronik. Ya kita berdoa moga saja yang mengalami musibah tetap ditabahkan hatinya dan berharap daerah kita aman-aman saja.


Pada saat musim hujan tubuh kita sangat rentan sekali terkena penyakit seperti flu, batuk, filek, demam, diaere dan banyak lagi penyakit lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya untuk mengantisipasi hal tersebut haruslah kita menjaga kesehatan mulai dari cara-cara sederhana. 
Musim Hujan
Ilustrasi Gambar Musim Hujan (Sumber  : google)

Kali ini coretan saya membahas tentang tips menjaga kesehatan di musim penghujan. Ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan disaat musim penghujan supaya terhindar dari penyakit di antaranya.

1. Mandi dan kermas kitika basah karena hujan
Apa bila kita berpergian jauh atau pun dekat sakalipun kemudian ditengah jalan diguyur hujan maka segeralah mandi dan keramas. Karena air hujan sangatlah tidak baik untuk tubuh kita.

2. Berolahraga seperlunya


Untuk menjaga metabolisme tubuh kita di saat musim hujan, sisihkan waktu anda untuk berolahraga lima menit atau sepuluh menit. Olahraga yang perlu anda lakukan seperti lari-lari di tempat, sit up, push up dan gerakan olah raga lainnya.

3. Minum air manis hangat

Minuman yang manis hangat sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan saat musim hujan sebaiknya minum juruk hangat, air hangat dicampur dengan madu dan lain sebagainya.

4. Hindari sumber penyakit

Lingkungan tempat tinggal sangat berpengaruh terhadap kesehatan apalagi di musim penghujan seperti genangan air, libah air. Sebaiknya dibersihkan jangan sampai air tergenang lama sampai berminggu-minggu bisa jadi menyebabkan munculnya bintik-bintik nyamuk

5. Jangan bergadang

Istirhat yang cukup dimusim penghujan sangtlah perlu dilakukan supaya bisa terhindar dari penyakit. Jangan banyak bergadang karena mengurangi ketahan daya tahan tubuh kita.

Nah itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan disaat musim hujan. Sayangilah tubuh anda sebaik mungkin terapkan pola-pola sederhana supaya terhindar dari penyakit. Kalau sudah sakit susah untuk beraktifitas dengan baik. He he

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hujan Tiba Jaga Kesehatan Supaya Terhindar Dari Penyakit "

Posting Komentar